Rabu, 16 Oktober 2013

OLAHAN HIDANGAN DAGING KURBAN :D


Oke mumpung ini masih di dalam suasana lebaran haji atau dikenal dengan "Idul Adha", aku mau ngebahas soal olahan-olahan apa saja yg biasanya di buat dari daging kurban sapi dan kambing itu. Karena saya juga pecinta makanan yg biasa disebut dengan istilah pecinta eyeliner (baca kuliner). Eitss bukanya mau ngrasisin kambing, cuma kali ini yang mau dibahas olahan sapi doang. Kalo ngebahas kambing jadi inget penulis komedi terkenal yang ngenes abis soal jodohnya. Oke dari pada berlama-lama langsung saja ini dia cekicroottt !!! *sampe muncrat muncrat*




1.SATE
Iya pasti bnyak yang kenal makanan ini. Makanan khas RRM (Republik Rakyat Madura) atau bisa kita kenal dengan pesepak bolanya yang solid dengan nama Madura united (MU). Makanan yang disajikan dengan bumbu kacang dan lontong ini memang sangat nikmat, apalagi dinikmati saat kita belum makan 3 hari berturut turut pati kerasa deh nikmatnya. Tapi jangan mencampur sate dengan potongan tahu goreng dan kerupuk  bisa berakibat fatal, karena bisa jadi bukan sate lagi melainkan tahu tek-tek pake sate namanya. Sate pun macam-macam bahanya, ga dari sapi saja sih, kalo sumanto dari daging manusia contohnya.


Perhatikann setiap tusukan daging dengan benar, menggunakan tusukan sate jangan menggunakan tusuk  konde.



2.COTO MAKASSAR
Oke dari namanya saja jelas terpampang bahwa makanan ini merupakan makanan khas dari Makassar bukan dari jombang. Makanan khas yg terdiri dari jeroan dan kuah kaldu yg nikmat ini memang banyak diminati oleh beberapa kalangan makhluk hidup,dari yang tua, muda, banci, dan lesbi sekalipun. Dan seperti biasanya makanan yg terdiri dari jeroan yg berupa hati, paru, ampela, dan disajikan dengan ketupat ini tentu mengugah selera makan anda. Jadi kenapa tidak dicoba beroo. Paling nikmat saat disantap saat cuaca lagi dingin dan hujan sambil bayangin kenangan mantan.

Jika kalian benar benar ingin menikmati hidangan ini, datang aja ke daerah klandasan. Banyak di pinggir jalan menyediakan makanan ini.



3.BAKSO
Yah makanan yang bentuknya bulat ini tentu sangat familiar di kalangan manusia dari pelanet manapun. Makanan khas dari daerah mana aja deh (kalo belum di klaim sama Malaysia aja) tentu sangat enak di padu dengan kuah dan mie yg sangat maknyuss lidah. Dan bahan bakso ini bisa dari apa saja sekarang dan lebih variatif dan baru-baru ini yg lagi ngetrend berita bakso dari daging tikus. Seperti yang saya lihat di acara berita tv stasiun swasta, bentuknya pun sekarang lebih bervariant ada yang bulat, kotak, segitiga sama kaki, trapesium, belah ketupat dan kerucut. Nikmat juga kalo santap bareng pacar baru yang setelah 20thn belum bisa move on.

Saat menggiling daging untuk membuat bakso pastikan 80%nya daging dan 20% nya tepung, kalo 80%nya tepung dan 20%nya daging itu bukan bakso tetapi salome !!



4.RAWON
Iyap! Makanan khas dari Jawa ini (katanya) memang sangat gurih dengan kuah khasnya yang hitam dicampur kluek. Makanan memang sangat nikmat disajikan dan disantap bersama keluarga, kerabat, sahabat dan orang yang tidak dikenal sekali pun ini emang sangat ajib. Dengan potongan dagingnya kotak kotak sedang tentu saja menggetarkan lidah dan mistar gawang. Ditambah dengan kecambah dan kerupuk rasanya nikmat banget bero (y). Soo ga ada salahnya buat nyobain hidangan ini.

Pakialah keluak yg baik dengan benar sesuai aturan pakai yg dianjurkan dokter, bila sakit berlajut hubungin dokter.



5. STEAK
Oke... Makanan ini gatau juga darimana asalnya, mungkin bisa saja penemunya Galileo. Makanan yang dipanggang dengan saus sebagai pelengkapnya ini emang sangat nikmat. Bagi yang ingin membuat hidangan ini terkesan emang agak sedikit songong, atau emang dia tidak pernah kesampaian untuk membeli makanan ini di restoran -_-‘’. Steak pun dibagi dan diberi nama sesuai bentuk dagingnya seperti : sirloin steak dan tenderloin steak.

Usahakan direbus dulu sebelum dipanggang karena di kawatirkan tekstur daging bisa keras dan hanya matang di luarnya saja. Tips untuk merebus sebaiknya menggunakan nanas muda atau bisa memakai daun pepaya agar dagingnya empuk. Jangan mengunakan air santan saat merbus bisa dikhawatirkan malah menjadi daging uduk.


Oke sekian dari saya. Kalo ada kesalahan kata, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Ambil sisi jokenya saja dan tidak memojokan salah satu hidangan di atas. Mohon maaf jika ada kesamaan tokoh, nama, tempat, dan tanda lahir. SO, MAU DIMASAK APA DAGING KURBAN KALIAN ?
Oke sekian dari saya, maju terus persepak bolaan Indonesia!!!!










Tidak ada komentar:

Posting Komentar